BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 01 Januari 2010

Proposal Rancangan Evaluasi BK

PROPOSAL RANCANGAN EVALUASI PROGRAM

I. PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Guru BK di setiap sekolah merancang program layanan BK dalam berbagai bidang. Program layanan ini disusun sebagai pedoman bagi guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Dalam mengembangkan program layanan BK guru pembimbing memfokuskan program layanan ke dalam empat bidang, bidang tersebut meliputi bidang pribadi, sosial, belajar, dan bidang karier. Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu siswa dalam mencapai tugas perkembangannya sebagai remaja dalam setiap bidang tersebut.
Bidang pribadi tujuannya untuk memahami diri pribadi siswa dan mengembangkan potensi dan bakat yang terdapat dalam diri siswa tersebut. Bidang sosial bertujuan agar siswa dapat menyesuaikan diri dan saling bekerja sama dengan lingkungannya, sehingga mampu bersosialisasi dengan baik dan memecahkan masalah bersama-sama dengan lingkungan sosialnya. Bidang belajar bertujuan agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan mampu menghadapi evaluasi akhir dengan baik. Bidang karier bertujuan agar siswa dapat merencanakan karier masa depan dan mampu mengembangkan bakat dan minatnya.
Dalam proposal ini kami akan memfokuskan pembahasan evaluasi pada bidang belajar. Layanan dalam bidang belajar ini bertujuan agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, mampu mengusai materi belajar sesuai dengan kurikulum, dapat mengatasi kesulitannya dalam belajar, dan dapat menghadapi ujian akhir.

b. Metodologi
Program BK ini akan di evaluasi menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, proses, dan produk). Pelaksanaan evaluasi program diawali dengan evaluasi konteks untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan suatu objek seperti intitusi, program, populasi target atau orang. Dilakukan dengan mengidentifikasi dan menilai berbagai kebutuhan yang tidak terakomodir serta menganalisa penyebabnya. Selanjutnya adalah evaluasi input untuk mengevaluasi strategi dalam melaksanakan program layanan BK, dilakukan dengan menginventarisir dan menganalisa sumber-sumber yang tersedia, baik guru BK, ataupun material strategi solusi, relevansi desain prosedur, kepraktisan, dan biaya. Tahapan selanjutnya adalah evaluasi proses yang dilakukan dengan memonitor kegiatan berinteraksi terus menerus, serta dengan mengobservasi kegiatan dan staf. Terakhir adalah evaluasi produk yang dilakukan dengan membuat definisi operasional dan mengukur kriteria objektif ektif melalui mengumpulkan penilaian dari stakeholder dengan unjuk kerja baik dengan menggunakan analisis secara kuantitatif maupun kualitatif.

II. ISI RANCANGAN EVALUASI
a. Judul Kegiatan
Adapun judul kegiatan dari evaluasi ini adalah Evaluasi Program Tahunan Bimbingan Belajar SMAN 88 Jakarta Tahun Ajaran 2008-2009.

b. Program yang Dievaluasi
Program yang akan dievaluasi adalah program layanan BK dalam bidang belajar.

c. Alasan Dilaksanakan Evaluasi
Alasan dilaksanakannya evaluasi program bidang belajar ini adalah agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, siswa mampu mengusai materi belajar sesuai dengan kurikulum, siswa dapat mengatasi kesulitannya dalam belajar, dan siswa dapat menghadapi ujian akhir.

d. Waktu Pelaksanaan Program
Waktu pelaksanaan program pada bulan Juli 2008 – Juni 2009.

e. Pihak Pendukung
Pihak pendukung dari pelaksanaan program ini antar lain adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Wali Kelas, Orangtua Siswa, Guru Mata Pelajaran, dan Siswa.



f. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang program ini adalah Ruang Kegiatan BK, Perlengkapan ruangan, dan alat-alat pelayanan BK yang meliputi Modul, Catatan Pribadi, Instrumen BK, Blangko Surat Panggilan, Buku Komunikasi, Angket Penjurusan, Buku Folio Besar, Kartu Pribadi, Data Perkembangan Prestasi Siswa.

g. Tujuan Program
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dibuatnya program ini adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan layanan BK, hal ini dilakukan agar kegiatan yang akan dilaksanakan lebih terencana dan terstruktur.
2. Tujuan Khusus
(1) Membantu siswa memperoleh perkembangan yang normal, memiliki mental yang sehat, memperoleh keterampilan hidup.
(2) Membantu siswa agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya secara optimal.
(3) Membantu siswa untuk mengenal lingkungan, personel (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, pegawai tata usaha, petugas laboratorium, petugas perpustakaan, pengurus OSIS, dll.), kegiatan, iklim, dan budaya sekolah.
(4) Membantu siswa memperoleh informasi berkenaan dengan diri, sosial, belajar, karier/jabatan, dan pendidikan lanjutan.
(5) Memfasilitasi siswa untuk merencanakan, memonitor, dan mengelola rencana pendidikan, karier, dan pengembangan social pribadi oleh dirinya sendiri.
(6) Membantu siswa agar dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah yang dihadapi.




III. STRATEGI
Strategi yang digunakan oleh guru pembimbing dalam menjalankan program bimbingan bidang belajar adalah dengan menggunakan layanan informasi pada bimbingan kelompok.

Cara melaksanakan strategi :
1. Melakukan pengumpulan data dengan cara meminta siswa untuk menuliskan mata pelajaran yang nilainya masih kurang berdasarkan raport sebelumnya, serta kesulitan belajar yang menyebabkan nilai yang mereka dapat kurang memuaskan.
2. Melakukan pengumpulan data dengan cara meminta siswa menuliskan strategi belajar yang dapat dilakukan dalam menghadapi ujian akhir nasional (UAN).
3. Melakukan analisa terhadap data yang didapat dari para siswa, kemudian memberikan bimbingan di kelas sesuai dengan kebutuhan siswa.
4. Setelah menganalisa data yang didapat dari siswa, guru BK menetapkan pemberian bimbingan kelompok dalam bentuk layanan informasi mengenai standar nilai kelulusan tahun lalu dan standar nilai kelulusan yang harus dicapai siswa pada tahun ini. Selain itu, guru BK memberikan informasi cara-cara belajar yang efektif untuk menghadapi UAN dan mencapai standar nilai kelulusan.












FORMAT WAWANCARA DENGAN GURU BK

1. Program BK apa saja yang saat ini sedang dilaksanakan atau sudah berjalan?
2. Program BK tersebut dalam bidang apa saja?
3. Bagaimanakah dengan pelaksanaan program BK dalam bidang belajar?
4. Siapa sajakah yang terlibat dalam pelaksanaan program BK bidang belajar?
5. Strategi apa yang digunakan dalam melaksanakan program BK bidang belajar, khususnya untuk kelas XII?
6. Bagaimana cara melakukan kegiatan tersebut secara lebih spesifik?

Jawaban:
1. Program BK yang saat ini sedang dilaksanakan terkait dengan pengembangan pribadi siswa, hubungan siswa dengan orang lain, pengembangan pemilihan karir siswa, dan pengembangan belajar siswa.
2. Program BK tersebut dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karier.
3. Pelaksanaan program BK dalam bidang belajar dilaksanakan untuk kelas X, XI, dan XII. Program BK tersebut dilaksanakan untuk membantu siswa mencapai hasil yang maksimal dalam belajar dan mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Khusus untuk kelas XII membantu dalam mempersiapkan Ujian Akhir Nasional.
4. Pihak yang terlibat adalah guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan wali kelas.
5. Strategi yang digunakan adalah dengan memberikan layanan informasi melalui kegiatan bimbingan kelompok.
6. Cara melakukan kegiatan tersebut adalah:
a. Melakukan pengumpulan data dengan cara meminta siswa untuk menuliskan mata pelajaran yang nilainya masih kurang berdasarkan raport sebelumnya, serta kesulitan belajar yang menyebabkan nilai yang mereka dapat kurang memuaskan.
b. Melakukan pengumpulan data dengan cara meminta siswa menuliskan strategi belajar yang dapat dilakukan dalam menghadapi ujian akhir nasional (UAN).
c. Melakukan analisa terhadap data yang didapat dari para siswa, kemudian memberikan bimbingan di kelas sesuai dengan kebutuhan siswa.
d. Setelah menganalisa data yang didapat dari siswa, guru BK menetapkan akan memberikan bimbingan kelompok untuk memberikan layanan informasi mengenai standar nilai kelulusan tahun lalu dan standar nilai kelulusan yang harus dicapai siswa pada tahun ini. Selain itu, guru BK memberikan informasi cara-cara belajar yang efektif untuk mengahadapi UAN dan mencapai standar nilai kelulusan.

0 komentar: